Monday 5 November 2012

Semok-ing



I'd really like to write this post in English but then again those who read my posts are Indonesian and to be honest only a few would continue reading and understand, the other few would try reading and get confused, and some would just give up and copy the post and see what it translates to on http://translate.google.co.id/ , and most of the people I know wouldn't even think about opening any my of posts. So to save the trouble today I'll be writing in Indonesian cause this might be a long one.

Oke cuy kita langsung mulai aja, daritadi ngomong mulu mana kaku gitu lg Inggrisnya berasa nulis buat tugas Bahasa Inggris. Ntar agak digaulin dikit B.Ing-nya disangka gw gk bs grammar lagi am lw org yg sotoy2 padahal baru pd belajar di sekolah. Gak peduli jg sih lw pada mikir apa tapi jadi bisa nyindir kan kyk tadi. Hahahaha. Kali ini post gw tentang merokok alias smoking alias ngokar alias nyetun (Adiputra 2010) alias ngasep alias bakar duit menurut RACUN (Rombongan Anak Culun).

Gw perokok? Iya tapi dulu.. gk dulu-dulu banget sih baru 3 mingguan tapi udah kagak kan.

Perokok berat? Tergantung nanyanya ke siapa, kalo tanya ke orang yg gak pernah ngerokok yah perokok berat lah 2 bungkus sehari. Kalo nanya nyokap gw yah sambil diketawain bisa disangka duit jajan gw kurang karena cuman bisa beli 2 bungkus sehari.

Jadi nih post tentang kenapa kita harus berhenti merokok dan caranya? Bukan. Itu sih kerjaan dokter. Cuman mau berbagi aja informasi sedikit ttg kerugian merokok, keuntungan merokok, kenapa gw berhenti, sama mind-set orang terhadap perokok. Tapi urutannya belom tentu serapi itu kykny, jadi yah baca aja terus apa yang bisa ditangkep dan disimpulkan digunakan.

BAHAYA
Kita mulai dulu dari bahayanya. Banyak jujur kerugian dari ngerokok gak usah ampe dicari fakta-fakta jurnal-jurnal kesehatan yang banyak lah. Kita semua tau di bungkusnya aja udah ada dampak ke kesehatannya gimana. Udah pada sering liat kan tulisan dibawah. Tapi yah kalo dibaca dengan seksama ada tulisan DAPAT jadi belom tentu kena kan. Bisa kena atau kagak yah tergantung nasib. Jadi kalo udah pernah mencoba meminta orang berhenti trus gagal pake trik gangguan kesehatan oleh rokok yah sudahlah gw juga berhenti bukan gara2 itu dan udah sering banget dinasehatin malah makin males dengernya.
Yang berikutnya itu gimana merokok bisa merusak alam. Asep yang ditimbulkan rokok mengandung bla bla bla bla... Orang bego juga tau asep itu bahaya dan menyebabkan polusi udara jadi gak usah panjang lebar deh dikuliahin. Filter dari rokok yang bentuknya seperti busa..bentar cari gambar dulu..

Nih...  
Katanya sih yang dari gw baca-baca waktu yang dibutuhkan untuk terurai itu sekitar 30 tahun. Jadi kalo pada buang puntung yang berfilter bisa pada numpuk 30 tahun. Pencemaran lagi. Jadi buat perokok yang masih mau lanjut ada saran nih coy..BERHENTI!!..hahahahah canda-canda gamau gabung rombongan anak culun gw. Jadi puntungnya kalo bisa sih jangan pada dibuang sembarangan aja bro sis. Ntar temen gw Frederic Wijaya bakal bikin kantong khusus buat ngumpulin puntung. Dibeli yah ntar kalo udah jadi. Selain itu jg bisa diganti aja rokokny yang kagak berfilter kyk Dji Sam Soe.

BREAKING NEWS!! Barusan gw bikin kopi terus pas duduk lagi di lantai buat lanjutin post depan laptop, celana gw sobek. Hidup itu sulit untuk orang gendut.

Ada juga yang bilang bisa menyebabkan kemiskinan karena uangnya kepake buat rokok. Sering tuh gw dgr orang2 pada ngomong, ngapain sih ngerokok buang-buang duit kan bisa kebeli motor. Yah lw yg nasehatin punya motor gak? Kagak deh kayaknya. hahahahah. Lagian banyak orang buang-buang duit buat game online, baju, jalan-jalan. Oh itu bukan buang2 duit? yah sama aj kayak ngerokok krn udah jadi kebutuhan.

KEUNTUNGAN
Udah cukup lah yah ttg kerugiannya, toh perokoknya udah tau. Sekarang nih gw mengajak kalian buat melihat ke sisi perokoknya. Kan sering tuh kalian pada nanya secara annoyingly apa sih enaknya ngerokok?kan bla bla bla..Nih dari pengalaman gw aja apa yang bisa didapat.

ENAK!! Beda rokok beda rasa. Apalagi kalo abis makan ato sambil minum beer. Enak sumpah..duh kok kesanya gw pengen balik ngerokok lg yah.

Jauh lebih tenang kalo ngerokok, apalagi kalo lagi pusing. Kalem anteng gitu.

Temen nongkrong yang baik itu kalo sendirian. Sekarang bayangin kalo harus nunggu orang di pinggir jalan dijemput ato gimana lah cuman bengong doang (ada HP sih tapi emg semuany make iPhone ato BB..kagak kan) kan lebih nge-tune gk sih kalo sambil ngokar.

Nambah temen juga ama kenalan. Dari minjem korek bisa nambah relasi berapa banyak itu. Kalo di club2 gitu modus paling gampang kenalan kan minjem korek. Temen gw sekarang sebagian besar kenalan karena ngerokok bareng termasuk sahabat gw yang sekarang.

Perokok juga membantu membuka lapangan pekerjaan buat banyak sekali orang. Mengutip kalimat teman saya "Kalo pabrik rokok pada ditutup itu bocah2 yang bapak emaknya di desa2 di Jawa jadi buruh di pabrik rokok pada makan ap?". Cukup jelas sih jadi kalo negara atau mungkin kalian yang berniat menutup pabrik rokok sediain dulu lah pekerjaan buat "Bapak Emak Bocah Desa".

Nih ad pembelaan gak membantu sih..tapi ad beberapa yang ngocol. Gw saranin sih buat perokok aj yg buka http://alilucugoblog.blogspot.com/2010/10/pembelaan-seorang-perokok_30.html

JADI KENAPA GW BERHENTI?
Gw dulu sekolah di Singapur, beuh itu ampir tiap bulan ad penyuluhan anti-merokok. Hasilnya? Gw benci, jijik gw dulu liat nyokap gw ato siapapun kalo ngerokok. Tapi yah pindah ke Indonesia semua tmen SMA gw ngerokok masa gw kagak. Yaudah coba deh taunya enak coy. Lanjut deh selama 6 tahun. Udah 5 kali gw coba berhenti:

Pertama karena bokap temen gw meninggal gr2 kanker paru2. Gagal (mikir kalo masih terlalu muda gak mungkin kena kanker.GOBLOG!).

Kedua gara-gara cewe gw ngelarang. Gagal (malah ngumpet2).

Ketiga gara-gara kebiasaan pas bulan puasa. Gagal (setelah bulan puasa mulai lagi)

Keempat gara-gara cewe lg. Mayan sempet berhasil. Gw blg ke dy kalo gw mau berhenti biar bisa idup lebih lama. Kalo gw idup lebih lama berarti waktu gw sama dy lebih lama. Buat cewe-cewe yang entar ketemu yang kayak gini jangan dipercaya!

Kelima kalinya gara-gara cewe lg. kenapa gw bilang cewe2 jgn percaya kalo pacarnya mau berhenti gara2 lw. Bukan alesan yang kuat karena gw gagal padahal nih cewe yg minta gw ngurangin dan kalo bisa berhenti dgn berbagai cara.
The Girl                                                          
Jadi gw dikasih permen berbentuk rokok yang dimasukin ke dalem bungkus rokok yang biasa gw isep trus ditulisin surat "Buat Vanno dari Ity. Vanno jangan ngerokok banyak2 yaa. Ni makanya Ity kasih rokok buat Vanno. Yang ini boleh banyak kok. :)
Gimana gak klepek2 gw mau berenti ngerokok punya pacar seunyu itu. Tapi tetep percuma. Karena sekarang segala sesuatu yang kita lakuin itu pilihan hidup buat kita sendiri, ntar kalo berenti gara2 cewe trus taunya putus masa mulai ngerokok lg?? Berhenti kalo emang yakin mau berenti. Mau berenti tuh jangan pake coba2 am jgn nanggung2. Kenapa berenti? yah pengen aja, banyak alesan buat berenti kalo lw baca daritadi tapi semua tuh tergantung niatnya kita. Kalo emang kuat yah gak pake masalah. Gw gak berhenti karena merusak kesehatan, bukan karena merusak alam sekitar, bukan karena tega bocah2 di desa Jawa gak bisa makan, bukan karena gamau kenalan lagi am orang di club, bukan juga gara2 keunyuan dari cewe yang paling dicintai sepenuh hati. Gw berhenti karena emang mau, udah tau untungknya apa ama kerugianya apa. Anti klimaks sih. Kayak kurang nendang tapi emang gitu kenyataanya. Mana ujungnya dari stop smoking jadi semok-ing (menggendut). ANJING JAYUS!! 

Jadi gw ada saran buat kalian yang benci perokok. Tolong jangan lebay. Gak semua perokok itubajingan berandalan. Emang lingkunganya perokok semua jadi yah wajar kalo merokok juga. Bokap nyokap lw gak ngerokok yah belom tentu bokap nyokap mereka gak ngerokok. Temen2 lw gak ngerokok belom tentu temen2 mereka gak ngerokok. Asepnya bau apa gimana yah jangan deket2. Perokok udah pada baik misahin diri di depan atau dimana yah jangan disangka nongkrong2 gak jelas. Itu juga biar gak mengganggu lw dengan asap rokok mereka (yah sebagian besar sih karena emang krn dilarang merokok di dalam gedung). Buat perokok juga kira2 jgn di kendaraan umum sempit ato dmn malah ngebul asep bikin gak nyaman yang sekitar, kan tempat umum bro sis. Jadi kalo emang punya temen perokok yah gak usah dijauhin ato disindir2 ato diberi perlakuan yang gak enak lah. Gak usah kuliahin ttg bahaya dan kenapa harus berhenti, gw jamin semua perokok juga udah tau orang di bungkusny udah ada infonya.

Buat Universitas Atma Jaya gk malu apa kalo mahasiswanya keliatan rame ngumpul-ngumpul di pinggir jalan kan keliatanya jelek, sediain dong smoking area ato gmn kek di dlm. Kesannya kan gembel bgt kampusnya.

Jadi benci rokoknya boleh, jangan benci perokoknya. Buat perokok kalo bisa berhenti kalo gak yah seenggaknya berhenti mengganggu orang disekitar.

 Sekali lagi maaf kalo isi post gw gak jelas pada ujungnya tapi namanya juga baru mulai. Maklum lah.

Baru nemu ini jadi pengen ngerokok lagi ngeliat kelakuany gini



7 comments:

  1. ecie vanno~ haha... gw baru tau lu pernah sekola di S'pore...
    anyway, biar ga oot, soal rokok, gw rasa benda ini perlu bgt lho buat pengendalian jumlah penduduk, secara kita, manusia, adalah spesies teratas di rantai makanan, kita ga punya predator utama, kecuali manusia2 lain, ekologis lho, dari sudut pandang ini. :p
    mungkin masalahnya adalah penyakit yg disebabkan benda kecil satu ini rata2 kronis, dan lama penderitaannya, duit yg kebuang banyak buat mempertahankan nyawanya (Opa dari pihak bokap, meninggal gara2 kanker paru2, adeknya juga. menderita bgt kayanya mereka waktu sakit)
    humans are afraid of suffering more than the death itself, in my opinion.

    kedua, gw setuju bgt lu ga bisa maksa perokok buat berenti dengan ngebujuk2 soal penyakit dll (bokap gw perokok berat, so, i tried), soalnya di iklannya aja ditulis emang bahaya kan. dan makin ke sini gw sih ngerasa kalo toh yg ngerokok uda pada gede2 juga (well, di bawah 18 SEHARUSNYA ga boleh kan?), jadi uda tau resikonya, toh?
    yang harus diperhatiin, tolong jangan ngerokok di tempat umum, perokok pasif ga seharusnya berbagi resiko yg diambil sama perokok aktif.

    dan terakhir, lagu di blog lu enak, no... :p
    (panjang yah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih cuy komeny..mantap..tapi kalo blh tau lw tuh siapa sebenrnya?gw buka profile lw munculnya bgt doang..hahahaha

      Delete
    2. hahaha.. siapa tu bgt niat amat komenin post lu

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. masa ga bisa nebak no? haha...
      gw lagi bosen soalnya bix..

      Delete
  2. mungkin besok boleh dicoba pake bahasa espaƱa

    ReplyDelete